Breaking

Monday, 23 November 2015

TEMPLATE SEO FRIENDLY UNTUK OPTIMASI BLOG

THEME/TEMPLATE SEO FRIENDLY 

Template atau theme adalah hal yang paling menentukan tampilan sebuah blog atau website. Pada dasarnya kriteria yang disukai oleh Google adalah template yang sederhana dan tidak banyak memakai script sehingga ringan saat halaman dimuat di browser. Tapi theme yang terlalu sederhana juga sering membuat pengunjung merasa tidak tertarik.
Oleh karena itu cukup banyak orang yang berusaha mengembangkan template yang menarik tapi tidak memakai banyak script. Sayangnya dalam membuat theme atau template seringkali mereka mengabaikan faktor SEO dari template yang mereka buat.
Sebelumnya saya akan menjabarkan secara umum syarat dari sebuah template yang SEO friendly. Setelah itu baru kita amati penerapannya dalam 2 platform blog yang paling umum yaitu blogspot dan wordpress.

Syarat umum:

  • Title tag harus berbeda di setiap halaman dan bagian awal title tag berisi kata kunci yang paling kita incar contohnya <title>Jual Baju Seragam SMA Harga Murah di Bandung</title>. Kalau bisa panjang title tag maksimal itu 50 karakter saja.
  • Meta description juga memegang peranan sangat penting dan setiap halaman harus berbeda. Panjang meta description maksimal 150 karakter dan harus berisi kata kunci sekunder atau kata kunci yang mungkin melengkapi kata kunci pendeknya. Contoh: Jual baju seragam SMA dengan harga murah di kota bandung. Bahan kain berkualitas dan menyerap keringat sehingga nyaman dipakai belajar.
  • Semuanya harus terdaftar pada Google Webmaster Tools. Blogspot sudah otomatis terdaftar sedangkan wordpress masih harus mendaftar.
  • Performa server tempat hosting harus baik. Bagi pengguna blogspot, servernya cukup handal. Bagi pengguna blogspot sepertinya sangat jarang ada masalah. Bagi pengguna wordpress masalah seperti ini cukup sering dan untuk itulah sangat direkomendasikan mendaftar ke Google Webmaster Tools.
  • Sistem heading untuk judul header harus memakai tag <h1> sedangkan untuk judul artikel harus memakai </h2>
  • Judul Widget sebaiknya memakai heading <h4>
  • Sebaiknya tidak ada link keluar menuju domain lain
  • Sebaiknya link di setiap halaman dibatasi di bawah 100 link.
  • Jangan ada iklan apapun saat baru melakukan optimasi, karena itu bisa memberatkan optimasi, dan tidak ada juga yang mau mengklik karena pengunjungnya masih sedikit.
Jika anda ingin memiliki template yang SEO Friemdly bisa Download di www.unduhanmu.com

No comments: