Breaking

Monday, 7 December 2015

Konsep Dasar SEO Offpage

Konsep dasar SEO Offpage adalah satu-satunya factor penentu keberhasilan Anda dalam SEO. Hanya inilah yang bisa menentukan suatu web akan unggul atau bahkan terhempas di Search Engine jika persaingan di onpage SEO sudah sama-sama kuat. Onpage SEO sudah tak dapat dimaksimalkan lagi, tapi offpage SEO bisa dimaksimalkan tanpa batas :)

Kenapa saya bilang penentu padahal Google sendiri mengatakan menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan suatu web layak atau tidak hadir di nomor 1.

Karena inilah factor yang paling sulit ditiru. Jika sebelumnya di Onpage SEO Anda bisa dengan mudah mengetahui strategi SEO lawan. Tapi di SEO Offpage akan sangat sulit untuk mendeteksi siapa sebenarnya yang berada di belakang layar pesaing kita. Apalagi sekarang TIDAK ADA satu tool-pun yang bisa memeriksa dengan pasti jumlah backlink dari web orang lain.

Bahkan jika Anda menggunakan syntax link:domainpesaing.com yang muncul biasanya cuma permukaan saja dan inipun masih perlu diselidiki lebih jauh. Malah dalam pengalaman saya link yang ditunjukkan dengan cara ini rata2 NOL. Jadi sangat sulit dipercaya.

Maka, tak ada jalan lain untuk unggul di SEO Offpage kecuali dengan membuat jalan sendiri. Banyak ahli SEO yang menyarankan untuk mengintip teknik SEO lawan, web mana saja yang memberi link padanya. Kemudian menyuruh Anda melakukan hal yang sama. Nah, masalahnya bagaimana bisa meniru kalau Anda tidak bisa melihat. Duh repotnya…

Padahal prinsip dasar SEO Offpage adalah mendapatkan backlink. Titik. Sederhana bukan? Penjelasan tentang Onpage SEO justru lebih banyak dan lebih ribet. Dan anehnya, kebanyakan pemula justru lebih ribet di Onpage SEO daripada Offpagenya.

Belum lagi soal memilih themes, duuuh.. repot banget seolah-olah itulah point penting dalam SEO. Pilih-pilih theme sampai gonta-ganti berkali-kali justru akan menurunkan citra web Anda di mata search engine. Untuk theme saya biasanya mengembangkannya terakhir. Yang penting menang dulu di search engine :)

Nah, jika Anda tahu prinsip dasar ini, maka Anda harus punya mindset berpikir baru. Sebuah REVOLUSI!! Perubahan BESAR!! Dan harus BENAR-BENAR BESAR!!

Ada yang baru dengan algoritma google belakangan ini. Dari yang PANDA hingga PINGUIN keduanya punya kesamaan dalam penentuan peringkat. Keberadaan backlink menjadi semacam pisau bermata dua. Jika tidak hati-hati, bukannya malah menaikkan peringkat kita, dia justru akan membuat web Anda terlempar sejauh2-nya.

Ada beberapa prinsip dasar yang akan Anda bahas di bab-bab mendatang. Biasanya bab2 dengan judul prinsip2 dasar ini malah dilewatkan. Jadi biarin aja yang suka lompat2 bacanya hehehe... Beruntunglah Anda yang suka membaca lebih detil.

No comments: