Breaking

Thursday, 10 March 2016

Mulailah Dari yang Kecil

Memulai aktifitas setiap hari pasti terkadang menemui kejenuhan, ada kalanya diri ini merasa capek, lelah atau mungkin bosan dengan rutinitas sejari - hari kita. Marilah kita belajar dari sesuatu yang kecil saja, melakukan hal - hal yang mungkin dianggap sepele di sekitar kita. Semoga kita dalam keadaan baik-baik saja. Aamiin...

Coba ingat kembali ketika kita membuka mata di pagi hari. Ketika kita duduk termangu dipinggir tempat tidur. Sudahkan kita tahu apa yang akan kita lakukan hari ini? Apa yang harus kita 
action-kan hari ini? Apa yang harus kita tulis? Pernahkah kita menanyakan hal tersebut pada diri kita? Sudahkan kita membuat jadwal setiap hari untuk kita kerjakan ?

Jika kita merasa jenuh atau bosan dengan rutinitas kita setiap hari yang itu - itu saja, cobalah untuk membuat semacam jadwal pribadi setiap hari, jika kita tahu bahwa kita akan sukses dengan aksi KECIL setiap hari, maka kita akan sangat senang menulis tentang banyak hal BESAR dalam seumur perjalanan hidup kita. Bila kita senang menulis banyak hal yang KECIL seperti menulis kondisi kamar tidur kita setelah bangun tidur; menulis aktivitas kita di sumur, di dapur dan di ruang makan, menggambarkan keadaan kita ketika berangkat beraktivitas; mendeskripsikan tempat kita beraktivitas dan orang-orang yang ada didalamnya. 

Juga menulis tentang ekspresi wajah keluarga, ibu-bapak atau anak-istri kita di rumah ketika menyambut kita pulang; sampai suara dedak jantung ketika menjelang tidur pun juga kita tulis. Sebenarnya kita sedang menyiapkan diri kita untuk mampu menulis hal BESAR. Karena ketika kita menulis setiap hal KECIL maka kita akan menemukan hal BESAR menunggu di depan. Langkah-langkah KECIL jika dilakukan rutin dan semangat dapat membuat sebuah perbedaan BESAR. Orang sering mengatakan bahwa setiap pencapaian BESAR diraih melalui ribuan langkah KECIL. Kita tidak akan pernah melakukan hal-hal BESAR jika tidak dapat melakukan hal-hal KECIL. 
Orang-orang yang merasa berat untuk melakukan hal-hal KECIL adalah orang-orang yang mungkin tidak layak untuk melakukan hal-hal BESAR.

Pikirkanlah setiap hal KECIL yang datang dalam hidup kita sebagai langkah untuk membuat karya yang lebih BESAR. Semoga sharing pada hari ini bisa menginspirasi kita semua untuk terus menulis dan berkarya di dunia pena, baik online maupun cetak.

Terimaksih
#30DWC Hari ke 26

No comments: