Breaking

Tuesday, 1 March 2016

Sebuah Masalah Tidak Membuat Hidup Ini Kacau

Semangat pagi teman, di sebuah perjalanan hidu seseorang pasti akan muncul beribu ribu masalah, apakah besar atau kecil, berat atau ringan itu tergantung manusianya sendiri yang merasakan. Tapi ada sebuah paradigma yang harus anda ketahui teman, bahwa sesungguhnya masalah datang itu bukan untuk menjadikan hidup anda menjadi kacau. Banyak sekali dari kita yang ketika dapat masalah ia langsung berkata wah kacau ini, aduh gimana dong ...? jadi berantakan nih gara - gara ini.. gara gara.. itu, dan lain sebagainya.

Ingatlah teman, dalam diri kita ada yang namanya emosional, perasaan dan pikiran, ketika kondisi diri kita nyaman atau aman tidak ada problem maka pikiran, perasaan atau pun emosional akan terkendali dengan aman, bahkan terasa damai sejahtera.namun ketika ada masalah muncul coba anda rasakan sendiri gimana tingkat reaksi dari pikiran anda, perasaan anda atau bahkan emosi anda.

Baiklah teman, saya ada sebuah cerita inspiratif yang bisa kita ambil hikmah nya, suatu hari ada sebuah kejadian di restoran yang cukup ramai, tiba tiba ada seorang wanita yang menjerit histeris karena ada se ekor kecoa yang terbang dan hinggap di tubuh nya, lalu wanita ini dengan sangat panik menjerit dan berusaha untuk membuang kecoa itu, akhirnya kecoapun terbang lagi ke wanita lainya di dekat nya, dan wanita itu pun tersentak kaget dan sama sama menjerit juga dengan ketakutan wanita ke dua ini pun berusaha membuag kecoak tersebut, pada akhirnya kecoa ini terbang ke tubuh pelayan resotran, seorang wanita yang cukup tenang dan santai iapun dengan bersikap tenang tidak panik dan tidak bingung, mengambil kecoa tersebut dengan tanganya sendiri, dan membuang kecoa itu ke luar restoran. Alhasil suasana pun menjadi tenang kembali.

Apa yang bisa kita ambil dari cerita singkat ini kawan ?

Anggaplah se ekor kecoa ini sebagai masalah yang datang tiba tiba dalam diri kita, nah jika respon kita seperti 2 wanita pertama, maka semua akan kacau dan panik, tapi jika respon kita seperti wanita pelayan restoran yang ke3 di hinggapi kecoa maka suasana kan beda. Teman teman bisa bayangkan bagaimana bentuk kecoa itu, dia sangat menjijikan apalagi bagi seorang wanita, namun kita tidak bisa merubah kecoa itu menajdi bentuk yang lucu dan menggemaskan, kecoa tetaplah kecoa, tetapi dengan respon dari diri kitanya lah kecoa itu tidak mengerikan atau menjijikan, cukup ambil dan buang sudah selesai.

Begitu juga dengan masalah yang datang dalam hidup kita, janganlah langsung bereaksi dengan kepanikan tapi cobahlah kita merespon dengan tenang,berfikir pada solusinya bukan pada masalahnya. Ingatlah "Masalah adalah sebuah masalah ..... RESPONSE kita lah yg akan menentukan bagaimana akhir dari sebuah masalah .... ".    Jadi masalah tidak akan membuat hidup kita menjadi kacau kalau kita pandai merespon nya.

#30DWC Hari Ke 17
Have a nice day

No comments: