Breaking

Monday, 29 August 2016

Cara Memaksimalkan BBM untuk Bisnis Online



Inilah 6 Tips Jitu Memaksimalkan BBM Anda untuk Bisnis Online

Saat ini baik pengguna Blackberry, iOS maupun android sudah bisa menggunakan fasilitas BlackBerry Messenger (BBM). Kali ini, Saya akan membahas beberapa tips untuk berbisnis online dengan menggunakan BBM sebagai media komunikasi. Sebenarnya banyak media lain yang bisa digunakan sebagai saluran dalam berbisnis online. Saluran yang di maksud ialah media yang menghubungkan bisnis Anda dan calon konsumen. Namun, BBM menjadi salah satu saluran utama untuk berbisnis karena sangat mudah dalam penggunaanya sebagai media promosi. Bahkan, tak jarang ada orang yang rela membeli BBM hanya untuk bisa terhubung dengan kolega bisnisnya. Berikut ini beberapa tips memaksimalkan  BBM sebagai saluran utama dalam menjalankan bisnis online Anda.

1. Tambahkan Kontak Sebanyak-Banyaknya

Semakin banyak kontak yang Anda tambahkan, semakin besar peluang orang mau membeli produk Anda. Cara mudah untuk menambahkan kontak BBM ialah dengan memintak kontak BBM teman, cari lewat internet dengan bantuan google tentunya, minta bantuan kepada teman untuk broadcast pin Anda. Anda juga bisa mencari melalui koran atau majalah atau bila menihat ada spanduk di jalan yang ada pin BB langung tambahkan. Lakukan langkah ini hingga kontak BBM Anda penuh, dengan harapan orang yang Anda tambahkan bisa menjadi pelanggan Anda.

2. Rutin Mengganti Display Picture BBM

Dengan adanya notifikasi saat menggganti  Display Picture ini bisa dimanfaatkan untuk  mengganti Display picture dengan foto produk. Bila rutin mengganti Display picture Blackberry Anda dengan produk-produk yang Anda jual,  Hal ini dapat membantu untuk memperkenalkan produk yang Anda jual kepada teman BBM Anda.

3. Broadcast Informasi Seputar Bisnis Kamu

Carilah kutipan, berita, tips, gambar yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Kemudian broadcast informasi tersebut secara berkala pada teman BBM Anda. Selingi dengan melakukan broadcast iklan produk yang Anda jual. Hal ini sangat penting, untuk menjaga agar kontak BBM Anda tetap setia menjadi kontak Anda.

4. Broadcast Iklan Produk

Ingat, tidak semua kontak di BBM Anda suka dengan produk yang Anda jual. Sebaiknya, beritahukan kepada teman di kontak BBM Anda, bahwa Anda mengunakan pin BBM Anda untuk memberikan informasi khusus jualan. Dengan begitu apabila mereka tidak tertarik mereka bisa menghapus pin Anda dari kontak mereka.
Bila Anda memiliki budget lebih, sebaiknya pisahkan pin BBM untuk jualan dan pin BBM pribadi. Hal ini bertujuan untuk menjaga jangan sampai suasana hati Anda menggangu calon pelanggan Anda. Contohnya : Anda memasang status Aku lagi sedih hari ini, kemudian beberapa saat kemudia Anda mempromosikan produk dengan nada yang ceria.

5. Buatlah Grup

Membuat grup BBM juga sangat membantu untuk menjaga loyalitas pelanggan. Caranya ialah tambahkan kontak orang yang sudah pernah membeli produk Anda dalam sebuha grup khusus. Bila Anda memiliki produk baru, bagikan informasinya kepada grup orang yang sudah pernah membeli produk Anda dulu. Ini bisa membuat orang tersebut merasa isetimewa dan kemungkinan besar mereka akan membeli produk Anda lagi.
Grup BBM juga bisa Anda gunakan sebagai media untuk memberikan diskon khusus kepada anggota grup. Selain diskon, Anda juga bisa membuat jejaring reseller dandropship dalam grup yang Anda buat. Dengan Adanya grup khusus jejaring bisnis, bisa membuat bisnis online Anda cepat berkembang.

6. Bangun Kepercayaan dan Kejujuran

Ini adalah point penting, karena kejujuran yang kita berikan akan membuahkan kepercayaan pelanggan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual, karena kepercayaan merupakan pondasi utama sebuah usaha. Anda bisa menganti Display picture anda dengan screenshot testimoni pelanggan, broadcast testimoni pelanggan dll.
Berdasarkan penelitian, pengguna BBM di Asia adalah terbesar sedunia. Tercatat sebanyak 60 juta pengguna BBM aktif, 28 juta grup BBM tercipta dan miliaran pesan pendek dengan menggunakan fitur ini terkirim setiap harinya. Akan tetapi apabila dibilang bahwa pengguna BBM Asia terbesar sedunia, kenyataannya adalah di Asia sendiri, India sudah bukan termasuk pasar BlackBerry dan hanya menyisakan Indonesia saja. Apakah mayoritas pengguna BBM terbesar tersebut berasal dari Indonesia?

Terlepas dari Hal tersebut, berikut ini adalah beberapa kesunggulan menggunakan blackberry untuk bisnis.

Target Pasar yang Special

Berdasarkan pengamatan penulis pengguna blackberry aktif mayoritas adalah kaum perempuan. Hal ini menjadi target market yang sangat bagus untuk dirambah. Penulis menilai bisnis dropshiping sangat gencar dilakukan oleh kaum Ibu Rumah Tangga terutama yang paling massive adalh Jabodetabek. Terlihat jika Anda menjumpai dalam tempat jasa pengiriman salah satu indikasinya adalh banyak pengguna jasa itu merupakan Ibu Rumah Tangga yang terjun menggunakan Blackberry sebagai komunikasi bisnis-nya.

Kita tahu bahwa mayoritas produk jual beli akan lebih konsumtif jika konsumernya adalahkaum perempuan bukan? Baju, Celana, Mainan Anak Edukatif, Fashion dan Kosmetik. Inilah alasan mengapa BBM menjadi media wajib dalam komunikasi bisnis menambah calon konsumen.
Fitur Blackberry Messanger yang Ekslusif
Diantara  keunggulan Blackberry Messenger yang membantu dan berperan dalam mencapai sukses bisnis online Anda adalah:

# Ketika Anda update status BBM maupun mengganti Photo Profil BB, maka pemberitahuan akan menyebar ke kontak BBM Customer Anda. Sering terjadi ketika kami (melakukan riset) produk baru, kemudian sesaat setelah pemberitahuan banyak chat masuk menanyakan produk baru tersebut. Praktik terbaiknya adalah mengganti photo profil ketika muncul produk baru, image produk baru tersebut kita perbarui dalam photo profil setiap kali muncul produk baru, sedangkan status melengkapinya dengan deskripsi singkat.

# Broadcast (mengirim pesan sekaligus ke contact yang ada di BBM) untuk lebih menyebarkan lagi tentang pemberitahuan produk, diskon dan promo, dan lainnya berkenaan dengan ide bisnis online Anda. Namun fitur ini jangan sering Anda gunakan berulangkali, karena praktik terbaiknya adalah berapa hari sekali saja, berdasarkan pengalaman banyak yang tidak suka jika menerima pesan Broadcast terlalu sering, akibat paling buruk adalah costumer yang menghapus contact kita di BBM.

No comments: