Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten

Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten Jika anda seorang blogger maka bukan hal yang aneh dengan istilah backlink, jadi saya tidak akan...

Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten

Jika anda seorang blogger maka bukan hal yang aneh dengan istilah backlink, jadi saya tidak akan bahas apa itu backlink, yang penting anda sudah paham maksudnya dan fungsinya. Yang paling penting adalah Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten.

Mari kita awali dengan Backlink untuk Home Page atau halaman blog utama 

Pentingnya Backlink Untuk Homepage

Banyak yang menganggap backlink ke konten atau artikel harus menjadi prioritas. Anggapan itu tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak sepenuhnya salah. Backlink untuk konten (yang bertujuan) mengangkat keyword di konten tersebut memang disarankan untuk ada, tapi lihat dulu porsinya. Kita akan bahas porsi-porsi itu di materi ini.

Backlink Organik

Maksudnya backlink organik adalah backlink yang dibuat di web atau blog orang lain atas kesadaran mereka karena dirasa perlu untuk membuatnya. Bisa jadi karena web kita menyajikan konten yang bermanfaat, sehingga dengan suka rela dibuatkan backlink. Nah, secara logika, jenis backlink apa yang secara organik ada dan berkembang setiap hari? Jawabannya adalah backlink homepage.
Sebagai contoh detik.com/ini-adalah-url-konten. Tidak mungkin URL ini mendapatkan backlink organik setiap hari untuk waktu yang seterusnya (selamanya). Berbeda jika detik.com-nya, ada banyak sekali orang yang merekomendasikan langsung dengan nama dan link yang mengarah ke homepage.
Itu salah satu alasan mengapa backlink homepage menjadi wajib.

Alasan Lainnya

Selain dianggap sebagai yang cenderung natural, backlink homepage juga akan menaikkan kekuatan atau reputasi website secara keseluruhan. Jadi untuk konten baru, cukup disentuh dengan beberapa backlink sudah bisa naik ke halaman satu, karena basic-nya sudah kuat di homepage.

Lakukan Setiap Hari

Meski tidak ada konten yang diupdate, bukan berarti aktifitas harian berhenti. Sedang buntu ide menulis bisa sambil mengoptimasi (menaikkan reputasi) website dengan tetap membangun backlink homepage.
Lakukan blogwalking, dan berikan backlink comment. Ini adalah langkah yang wajib dilakukan setiap hari. Tidak ada batas maksimal, tapi sekuat-kuatnya Anda juga akan kecil kemungkinannya membuat sampai 50 backlink dalam 1 hari.
Ingat kisah kawan saya yang dari 2011 konsisten membangun backlink homepage melalui kolom komentar kan?
Setiap ada kesempatan manfaatkan untuk membuat backlink untuk homepage.

Gabung ke Komunitas

Untuk memudahkan Anda dalam melancarkan aksi, gabunglah ke komunitas online, terutama blogger. Di sana Anda akan bertemu dengan banyak pemilik web. Dengan mengandalkan extensions Chrome atau add-on Firefox dari MOZ, Anda akan tahu seberapa bagus web mereka untuk ditinggalkan jejak komentar (backlink comment). Semakin banyak komunitas yang Anda ikuti semakin mudah bagi Anda menemukan web-web gurih untuk dikomentari.
Dari sana juga bisa membangun hubungan silaturahim, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat backlink review di web mereka. Saya punya komunitas media Islam, hubungan saya dengan mereka cukup dekat, dan saya beberapa kali mendapat backlink dari web-web semacam Hidayatullah, Bersama dakwah, Dakwatuna, dll. Yang mana web-web tersebut mempunyai reputasi yang mentereng di mata Google, hasilnya sangat membantu dalam optimasi keyword di web yang mempunyai backlink dari situs-situs Islam tersebut. In case.


Link Building Fundamental


Jika harus dipersentasekan, sumbangsih link hanya 20% (offpage), 80%-nya adalah bagaimana website dan konten memainkan peran utama mereka (onpage). Tapi keduanya adalah saling berkaitan. Link (meski hanya 20%) bisa sangat membantu proses akselerasi Anda dalam membangun authority, link juga ikut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap menang atau kalahnya sebuah keyword di halaman pertama Google.

01. Definisi Dasar Link Building

Adalah sebuah proses membangun link yang itu bisa terjadi di luar website (biasa disebut backlink) atau juga dilakukan di dalam website (internal link).
Kualitas backlink menjadi sangat penting. Sangat berbeda hasilnya ketika Anda mendapatkan backlink dari startupbisnis.com dibandingkan mendapat backlink dari revorma.com.
Saya pernah mendapatkan backlink dari startupbisnis.com untuk salah satu aplikasi yang saat itu saya kembangkan. Hasilnya meroket, duduk di puncak Google. Kompetitor yang menggunakan keyword on domain tidak bisa menggeser keperkasaan saya di puncak.
Pada dasarnya, semakin sulit proses pembuatan link (link building), maka semakin sulit pula kompetitor meniru jejak langkah kita, semakin sulit pula digeser posisi kita di SERP.

02. Jenis-jenis Link yang Umum Digunakan

Sebenarnya ada banyak sekali istilah dalam dunia backlink. Dari yang banyak itu akan sangat baik kalau dipelajari semua sebagai wawasan dan memperluas cara pandang. Tapi di sini akan saya bahas yang umum dan sering digunakan.

Backlink Comment

Mendapatkan link dari memberikan komentar di halaman web orang lain. Jika dilakukan secara konsisten, akan memberikan dampak yang juga bagus terhadap website Anda.
Saya mempunyai kawan yang dia konsisten dari tahun 2011 membangun backlink jenis ini. Setiap kali ada waktu luang dia selalu memberikan komentar di web orang lain yang linknya diarahkan ke homepage (domain.com). Hasilnya baru dirasakan di 2014, banyak keyword jualannya yang merajai Google. Selama 3 tahun fokus membangun link jenis ini sampai berhasi, luar biasa.
Nanti akan ada materi khusus yang membahas mengapa backlink menuju homepage sangat bagus untuk dikerjakan.

Link Exchange

Sesuai dengan namanya yaitu pertukaran link. Kalau di kalangan blogger Indonesia biasanya ada istilah arisan link.
Link jenis ini bukannya tidak bagus, tapi nilainya menjadi berkurang di mata Google karena tidak sebagai referring domain. Karena 2 domain saling memberikan rekomendasi.
Istri saya melakukan skema ini dengan beberapa kawan di komunitasnya, tapi hasilnya juga bagus, salah satu keyword dagangannya berhasil muncul di halaman satu Google dan memberikan konversi penjualan yang cukup bagus.

Backlink Review

Inilah jenis backlink yang paling tokcer di antara jenis backlink yang lain. Tidak perlu mendapatkan banyak backlink dari jenis ini untuk menang di SERP, seringnya tidak lebih dari 5 sudah bisa ranking, kadang hanya dapat 1 juga sudah cukup.
Tapi proses mendapatkannya yang bisa dibilang cukup sulit, mengapa begitu? Karena seorang blogger pun (yang mempunyai banyak komunitas dan biasanya sangat akrab) belum tentu bisa, karena jatuhnya nanti bisa ke link exchange.
Backlink review adalah orang lain membuat sebuah artikel yang berkaitan dengan tema dari keyword yang ingin kita tembak, kemudian menyelipkan link website atau konten kita di dalamnya. Hal ini juga biasa dikenal sebagai contextual backlink atau backlink kontekstual.

Social Bookmark

Dengan submit link ke social bookmark bisa memberikan nilai tersendiri, karena dihitung sebagai backlink.
Yang perlu diperhatikan adalah cerdasnya Google yang mempunyai database situs social bookmark yang populer secara global dan populer di negara masing-masing. Artinya apa? Nilai dari situs semacam ini tidak sebesar backlink review atau backlink kontekstual. Meski begitu, teknik ini juga bagus untuk digunakan.
Untuk menjaga kualitas, sebaiknya gunakan social bookmark di tier 2.

Backlink Profile

Sebelum memaksimalkan backlink jenis lainnya (terutama backlink review/kontekstual), backlink profile ini sudah harus tuntas dikerjakan. Ini bukan urutan ya. Maksud saya ingin mengatakan bahwa ini backlink yang secara otomatis sudah harus Anda miliki. Kalau belum ya segera dibuat.
Wait, apa itu backlink profile? Backlink yang biasanya bisa kita masukkan saat kita login dan masuk ke menu Edit Profile atau Settings di sebuah website. Sehingga ketika kita akses halama profile kita, akan muncul alamat web aktif yang bisa diklik, seperti contohnya behance.net/vatih.
Mengapa backlink jenis ini menjadi begitu penting? Umumnya, website yang menyediakan registrasi akun adalah web yang mempunyai popularitas tinggi. Ya salah satunya behance.net itu. Efek mendapatkan backlink dari web popularitas tinggi tentu saja bisa mengangkat nilai website kita.
Minimal backlink profile yang harus Anda miliki adalah 20. Ini standar saya.
Berikut ini daftar website yang bisa Anda tanam backlink profile di dalamnya.
  1. soundcloud.com/vatih
  2. creativemarket.com/vatih
  3. plus.google.com/u/0/+IbrahimVatih/about
  4. keepo.me/992260677465064/profile
  5. behance.net/satujam
  6. developer.mozilla.org/en-US/profiles/cumasejam
  7. my.telegraph.co.uk/members/cumasejam/profile
  8. discussions.apple.com/people/satujam
  9. profiles.wordpress.org/cumasejam
  10. cumasejam.deviantart.com
  11. issuu.com/satujam
  12. disqus.com/by/satujam
  13. about.me/vatih
  14. 500px.com/vatih/about
  15. drupal.org/u/vatih
  16. en.gravatar.com/vatih
  17. en.forums.wordpress.com/profile/vatih
  18. codeproject.com/Members/vatih
  19. themeforest.net/user/vatih
  20. community.elgg.org/profile/vatih
Ada banyak lagi link profile, yang ada di database saya ada lebih dari 100 web profile dengan kualitas yang bagus. Tapi setidaknya 20 di atas sudah bisa memberikan pengaruh yang kuat untuk website Anda.

03. Cara Dapatkan Backlink Review

Backlink review atau contextual backlink adalah jenis backlink paling maknyus.
Kalau Anda hanya membangun backlink profile dan backlink comment kemudian orang lain mengintip dari mana saja Anda mendapatkan backlink, maka akan dengan mudah cara kerja Anda ditiru, diikuti, dan pada akhirnya dibalap atau ditaklukkan.
Ada banyak tools untuk mengintip backlink kompetitor. Seperti Ahrefs, MOZ, juga Alexa. Dengan tools ini akan sangat mudah meniru apa yang sudah kita lakukan.
Seperti saya memberikan list backlink profile di atas, Anda bisa dengan mudah meniru bukan? Well, hal itu akan sangat sulit terjadi ketika Anda mempunyai backlink review.
Backlink review adalah backlink yang dibuatkan oleh orang lain, lebih tepatnya si pemilik web atau blog. Ada cukup banyak cara kreatif untuk mendapatkan backlink review. Berikut ini pengalaman saya mendapatkan beberapa backlink review.

Barter Review

Berbagi review adalah penawaran yang menarik bagi orang yang kita ajak untuk menjalankan misi ini. Wait, ini bukan link exchange ya. Polanya adalah kita mempunyai 2 website, di mana website A adalah website kita yang ingin direview oleh website partner, dan website B adalah website kita yang akan memberikan review untuk website partner. Silahkan dibaca sekali lagi kalau masih bingung.
Intinya, menggunakan cara ini bisa menghilangkan skema link exchange sehingga nilai backlink yang dimiliki oleh website A (website kita) menjadi maksimal.

Memberikan Hadiah

Menggunakan cara ini adalah alternatif lainnya. Setelah partner membuat review untuk website kita, berikan dia hadiah. Bentuknya bisa berupa buku atau barang-barang lain yang dia sukai. Biasanya cara ini baru bisa dilakukan setelah kita cukup akrab dengan partner. Umumnya lebih mudah dilakukan oleh para blogger. Tapi hadiah di sini macamnya ada banyak ya. Misal Anda adalah penjual produk tertentu bisa jadikan produk yang Anda jual itu sebagai hadiah. Kalau saya dulu pernah memberikan aplikasi yang saya buat sebagai imbal balik. Bisa juga berupa ebook, PDF, atau bentuk hadiah lainnya.

Membayar Uang

Inilah strategi yang dipakai oleh banyak brand-brand besar dalam mengangkat reputasi website mereka. Sebut saja brand seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Bukalapak, Toyota, dll. Mereka menggunakan strategi ini. Saya sendiri pernah ditawari untuk membuat review di blog dan beberapa web yang saya kelola. Beberapa waktu lalu saya melihat ada blogger yang memberikan review untuk produk Samsung di Lazada.
Tentang backlink review ini akan dibahas lebih dalam di materi backlink super; Cara Membangun Backlink Super yang Bisa Meranking Keyword Berat.



COMMENTS

SPACE IKLAN AVAILABEL
Name

#30DWC,32,BBM Marketing,3,Belajar Menulis,32,Bisnis Indonesia,15,Bisnis Online,44,Bisnis Online Tanpa Modal,5,cara buat wang,1,Cara Memulai Bisnis Online,11,Carousel,1,Covert Selling,2,Facebook Marketing,4,Fb Ads To Adsense,2,free download,2,Google Adsense,15,Idm terbaru,1,Impian,2,Inspirasi,7,landing page,1,Lowongan Kerja,1,MLM online,1,Prozant,1,riset kata kunci,2,sosial media,2,template AMP,1,Template SeoFriendly,6,template wp toko online,1,Tips SEO Blog,20,Trik Youtube,3,Tutorial Backlink,1,Tutorial website,29,Tutorial Wordpress,10,
ltr
item
Cara Memulai Bisnis Online: Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten
Cara Membangun Backlink untuk Blog Konten
Cara Memulai Bisnis Online
http://www.blogduit.com/2017/05/cara-membangun-backlink-untuk-blog.html
http://www.blogduit.com/
http://www.blogduit.com/
http://www.blogduit.com/2017/05/cara-membangun-backlink-untuk-blog.html
true
2505389613761411753
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy