Breaking

Saturday, 22 July 2017

Cara Meningkatkan Omzet dan Profit Bisnis Anda

Banyak sekali Cara Meningkatkan Omzet dan Profit Untuk Bisnis Anda

Disini saya akan sharing materi tentang Bagaimana Cara Meningkatkan Omzet dan profit, karena dari sinilah kita akan mendapatkan yang namanya ke untungan. Dalam dunia bisnis ada dua hal pokok yang penting untuk kita naikan yaitu omzet dan profit alias keuntungan. 

Kebanyakan pebisnis pemula fokus di dua hal ini. Kedua istilah ini berbeda loh dan jangan sampai disamakan lho. Definisinya seperti ini, omzet adalah total pemasukan yang kita peroleh dari penjualan produk dalam suatu periode tapi belum dikurangi biaya beban dll, sedangkan keuntungan (profit) adalah omzet yang sudah dikurangi oleh biaya – biaya (seperti biaya produksi, biaya promosi, dll). 

Kok jadi membahas omzet dan profit? Karena artikel kali ini saya akan membahas tentang cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis (profit) sehingga kita tidak boleh sampai salah dalam mengerti istilahnya. Kita langsung masuk ke poin utamanya ya, saya coba lempar pertanyaan ke rekan pembaca semua, siapa yang pernah punya omzet besar tapi untungnya ga ada? hayooo ngacung…saya juga awal-awal bisnis mengalami seperti itu…penjualan kelihatan besar  diatas tiga digit!!! wow banget lah omzet dalam sebulan kok untungnya gak ada yaa……. ha..haaa. jadi selama ini kerja bakti dong udah jabatan CEO tapi bisnisnya gak profitable.

Inilah 5 cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan omzet dan profit, atau dikenal dengan “5 cara” atau “5 ways”  adalah :
1. Lead Generation – mendapatkan prospek
2. Conversion Rate – persentase perubahan prospek menjadi pelanggan
3. Average Rupiah Sale – rata-rata penjualan/belanja customer
4. Average Number of Transactions – jumlah transasksi prospek/pelanggan
5. Profit Margins. – margin keuntungan

Semua area tersebut ditekankan dalam persamaan sbb :
Lead Generation x Conversion Rate = # Customers
# Customers x Avg. Rupiah Sale x Avg. # Transactions = Revenues
Revenues x Profit Margins = Rp. Profits 

1. Perbanyak Prospek (Leads). Caranya dengan iklan, buka cabang, sebar brosur, ikut pameran dll. Misalnya, anda buka toko di mal. Rata-rata yang masuk ke toko anda secara tidak sengaja adalah 1000 orang, maka prospek/leads anda adalah 1000. Kemudian anda sebarkan brosur di pintu gerbang mal yang mengundang orang supaya datang ke toko anda. Katakanlah prospek yang yang masuk ke toko dari brosur tersebut adalah 100 orang, jadi prospek anda menjadi 1100. Semakin banyak yang masuk ke toko anda berarti semakin banyak prospek anda.

2. Perbanyak Jumlah Konversi (Conversion). Konversi adalah jumlah prospek yang akhirnya membeli produk anda. Misalnya dari 1000 prospek yang masuk ke toko anda ada 250 orang yang membeli. Artinya konversi anda adalah 25%. Bagaimana cara menaikkan konversi? Contohnya: berikan faktor wow ke prospek anda, berikan garansi, berikan jaminan purna jual, delivery gratis, dll.

3. Naikkan Jumlah Transaksi prospek. Jumlah transaksi adalah berapa banyak transaksi yang terjadi di toko anda per hari, per minggu atau per bulan. Bagaimana cara menaikkan jumlah transaksi? Lakukan berbagai cara agar pelanggan anda lebih sering belanja, misalnya dengan memberikan hadiah, bonus, point, voucher, sale, diskon dll.

4. Naikkan Jumlah Rata-rata Pembelian. Dari jumlah transaksi tersebut berapa rata-rata transaksinya? Misalnya toko anda memperoleh omset Rp. 1.000.000 per hari dengan jumlah transaksi 50, maka rata-rata transaksi anda adalah Rp. 20.000. Caranya? nah tawarkan produk lainya yang ada di toko anda. sebagai contoh saya jualan bibit tanaman dan menyediakan saung-saung untuk  makan dengan menu pecel madiun dll, nah tawari pelanggan yang membeli tanaman untuk mencoba  menu kuliner saung, misal pak silahkan mampir kesaung mungkin mau mencicipi menu pecel kembang turi, atau anaknya mau es krimnya.

5. Naikkan Margin Keuntungan.

Yuk kita simulasikan seperti gambar dibawah ini misal sebuah toko baju menjual baju dengan harga rata-rata 100.000 dengan pospek sekitar 10.000 dan conversion ratenya 40%. kita lihat berapa profitnya.

Jika MAsing-masing POS dinaikkan 10 % saja berapa efeknya terhadap kenaikan Profit ??
WOW..WOW..WOW..WOW…Bayangkan dengan menaikkan  leads cuma 1000 menjadi 11.000 dan conversion rate  cuma 4 % pos pada masing-masing 5 ways bisa melipatgandakan omzet anda 46 % dan profi anda 61 % Luar biasa dahyat..

Untuk strategi 5 ways ini biasanya perlu dibentuk PIC masing-masing toko dengan siapa yang menjadi Jendral Leads ( biasanya tim marketing ) siapa yang menjadi Jendral di conversion rate dst.. kalau belum bisa karena masih kecil paling nggak 3 divisi bagian Marketing, produk dan Delivery.

Berikut contoh -contoh sederhana yang biasa saya gunakan.. :

Strategi Leads ( bagaimana mengundang orang dari yang tidak tau Waras farm menjadi tau :

Strategi Conversion Rate : (bagaimana pengunjung dari tidak beli menjadi beli )

Strategi  # Of transaction

Strategi AVG $ Sale : Bagaimana customer menambah belanjanya

Stratei Margin :  Strategi ini berkaitan dengan mengurangi biaya ..Ketika biaya berkurang maka prosentase margin bertambah

Strategi Leads, 
Sebar brosur ke sekolah-sekolah
Mengadakan seminar ke sekolah sekolah
Promosi lewat facebook menjalin komunikasi, info-info jika ada produk baru
Promosi lewat Twitter
Kerjasama dengan sekolah, pameran, konsinyasi

Sponsori kegiatan Charity atau Amal, strategi biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar, UKM juga bisa loh dengan menebeng acara lain, serta strategi lainya.

Strategi Conversion Rate & Of transaction
Infokan produk baru, tanyakan kebutuhan
Menggunakan sales script
Melakukan role play
Membuat flowchart, membuat kotak kritik dan saran

Strategi AVG $ Sale
Untuk membuat customer balik lagi biasanya menggunakan member card
Setelah customer belanja diberikan kupon voucher diskon 50 % yang bisa dipakai dalam waktu 5 hari
Impulse buying..mendisplay pernak-pernik kecil didepan kasir jadi customer dari kepikiran tidak beli bisa menjadi beli krn sambil menunggu proses pembayaran

Stratei Margin
Menghemat listrik ..cek apakah setiap toko tutup air,listrik selalu mati
Mengurangi komputer yang tidak efektif
Menaikkan harga jual produk kita
Kurangi Fixed Cost dan Variable Cost di bisnis anda (Efisiensi)
Sumber Materi artikel ini dari group Telegram mastah wirausahawan, semoga bermanfaat

No comments: